mewadahi yang tak terwadahi
mengungkap yang belum terungkap
menyusuri lorong-lorong yang jarang dilewati

Sunday, November 11, 2007

Adiktif

Ya. Adiktif...alias kecanduan.
Kita biasa mendengar adanya adiktif, kecanduan pada narkoba. Orang bisa kecanduan narkoba karena zat yang terkandung di dalamnya. Tapi, bagaimana kecanduan-kecanduan terhadap hal-hal yang lain?

Contohnya teman saya. Ia suka sekali bermain game. Awalnya hanya bermain nintendo, lalu setelah ada era play station, ia beralih ke permainan itu, kemudian beralih ke game net... Hingga permainan yang tadinya membuatnya fresh sehingga bisa 'fit' lagi beraktivitas..malah jadi hal yang menghancurkannya. Studi dan kehidupan sosial.

Selain adiktif pada game, kita seringkali juga punya adiktif lain. Bisa berupa adiktif terhadap dukungan sosial ataupun adiktif terhadap seseorang. Awalnya merasa nyaman pada kehadiran mereka. Pertemuan dengan mereka membuat kita tertawa, merasa dimengerti, didukung, dll. Sebenarnya baik-baik saja, tapi jika sampai punya kelekatan, menurut saya, itu pertanda kurang baik.

Untuk menjadi manusia yang bisa optimal berkarya, perlu pribadi yang lepas bebas, merdeka... dari segala belenggu yang diciptakan dari luar, dan juga dari dalam.. Mari memerdekakan diri sendiri... dan syukur-syukur orang lain..

No comments: